G Food & Coffee Factory : A new way to enjoy food & coffee

Belakangan ini di Bandung emang lagi banyak banget tempat-tempat ngopi baru. Pas nanya ke temen-temen tempat mana yang harus dicobain,  kurang lebih tanggapannya kaya gini: “Oh di ‘A’ coffee tuh kopinya lumayan enak, tapi tempatnya kecil banget”, atau “Di B coffee sih tempatnya lumayanlah tapi musiknya berisik banget”   atau tanggapan lainnya, “Ya gitulah” *apa coba ga jelas hahaha..jadinya saya keburu males mau nyobain juga 😀

Image

Beda ceriitanya sama tempat yang satu ini. Selain lokasinya strategis di tengah kota (deket rumah maksudnya :D), tempatnya juga eye catching gitu. Awalnya saya sering lewat, tapi ga tau itu tempat apa sampai   pasangan saya tiba-tiba ngirim foto makanan sambil bilang, “ Kamu mesti cobain ini, pasti suka”. Pas saya tanya dimana, dia bilang, “G Food & Coffee Factory, yang di Ariajipang”. Ternyata saya baru tau kalo di Jl Ariajipang 1-3 itu sekarang   namanya adalah Dipa Junction, dimana didalamnya itu  gabungan tempat makan dan yang lainnya, ada Tropical Waves, trus Barberpop, concept store Cajsa with Bergh & Ozil, Bottles Inc dan juga G Food & Coffee Factory yang letaknya persis di tengah-tengah Dipa Junction. Dari luar tuh kirain tempatnya kecil eh ternyata pas ke dalem, lumayan luas dan terdiri dari 2 lantai yang semuanya smoking area.

Image

 

ImageImage

 

Secara saya seneng banget makan, jadi penasaran duluan begitu liat menunya. List makanan yang harus banget dicobain disini adalah Horenzo Saladnya!! Seger-seger crispy gimana gitu ..trus juga cobain deh Lamb Rack (me likey!), Nasi Ikan Dori Daun Jeruk (porsinya ngenyangin), G Mien Special, Spaghetti Tongkol Honje, Sirloin Steak, Pisang Goreng Sarikaya, Singkong Goreng Keju *kasih jempol sambil ngedipin mata buat makanan-makanan ini * Trus kalo lagi pengen minum yang seger-seger, cobain juga Thai tea atau Es Campurnya. Jangan ngebayangin es campur yang biasa ya. Yang ini sih ga pake susu, dan isinya ga terlalu banyak. Tapi tempatnya lucuk, jadinya bikin penasaran buat nyobain hehe…Pastikan   es serutnya   teraduk sempurna sebelum dimakan, nanti akan ada rasa campuran manis dan asem. Hmm..segar deh!

Image

Ini dia es campurnya 🙂

Image

Spaghetti Tongkol Honje

Image

Sirloin Steak

Image

G Mien Special

Image

Pisang Goreng Sarikaya

Image

Lamb Rack

Sesuai namanya, selain makanan dengan pilihan menu western & Indonesia, G Food & Coffee Factory ini nyediain kopi berkualitas dimana kita juga bisa beli kopi yang mereka olah sendiri.  Yang bikin seru tempat ini adalah kita bisa pilih, mau menyeduh kopi dengan cara yang mana. Ada banyak manual brewing yang bisa dieksplore. Mau cobain   Siphone, Presso Rok, French Press, Chemex, Aero Press, Kalita Wave, V60 Drip, Wood Neck, dll. Buat yang awam kaya saya, pasti bingung mau pilih yang mana, trus jadi banyak nanya sama waitressnya dengan pertanyaan standard : “Yang paling enak yang mana?” hehe..Padahal bingung juga pasti jawabnya, secara tiap alat punya teknik  berbeda dan ngasih efek yang berbeda pula.

ImageImagePresso Rok

Jadi ternyata pembagian manual brewing ini biasanya dikategorikan berdasarkan bagaimana cara bubuk kopi berinteraksi dengan air. Gampangnya sih gini, kalo mau dapetin rasa yang lebih kuat dari kopinya, cobain pake French Press karena proses penyeduhannya terjadi secara langsung, jadi akan menghasilkan rasa yang lebih kuat dari kopinya.

Tapi kalo pengen dapetin rasa dan tekstur yang lebih halus, cobain pake Kalita Wave atau V60 Drip yang termasuk kategori Pour-over. Ini adalah metode dimana air secara konstan mengalir dan melewati bubuk kopi, makanya tekstur kopi yang didapat nanti akan lebih halus.

Eh tapi ternyata  masih ada variable lain yang akan menentukan rasa yang dihasilkan kopinya, salah satunya dari jenis kopi apa yang kita pilih. Untuk pilihan biji kopinya, kita bisa milih apapun sesuai selera. Mau Java Ciwidey, Java Raung, Toraja, Aceh Gayo, Mandaeling, Lintong, Bali Kintamani, Flores Bajawa, dan Papua Wamena..

Hal yang ditunggu-tunggu setelah kita pesen kopinya adalah ngeliat cara kopinya disuguhkan. Ini adalah part yang paling seru buat saya. Liat baristanya sibuk menyajikan kopi dengan alat-alat yang kita pilih, jadi satu suguhan yang menarik *trus sibuk foto-foto buat di Instagram & Path *teuteup ya 😀

Nah jadi ga berlebihan kan kalo saya bilang G Food & Coffee Factory ini adalah tempat yang pas banget buat menikmati secangkir kopi dengan cara baru dan pastinya lebih menarik. Saya yang sebelumnya bukan peminum kopi, jadi mulai suka ngopi karena penasaran pengen nyobain semua manual brewing yang ada, dari yang kelihatannya sederhana, sampai yang keliatannya rumit. Semakin rumit penyajiannya, malah tambah seru sekaligus bikin penasaran. Setuju? 🙂

Selamat ngupi-ngupi !

*Special thanks to Lucky Sarwo yang udah bikin lemak-lemak di perut saya berdatangan lagi karena disuruh nyobain semua makanan disini hahaha.. Lari engga, makan terus iya *mewek* 😀 Tenang, kita balas dengan long run trus TRX olraits? 🙂

6 thoughts on “G Food & Coffee Factory : A new way to enjoy food & coffee

  1. Tempat ini….keren beneran. Baristanya cool dan bs ditanya2, next time coffee tasting apa ya, makanannya enaaaak, Bhumi hbs semangkok GMien, dan kopinya, well brewed. Lo bneran meracuni gwe Nggi…..*apa gwe meracuni diri sendiri ya?!* :)))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s