Local Goes To Rawfood with Chef Arief Springs #baliklagikedapur

Belum pernah saya seniat ini ikut acara raw food-raw food-an. Biasanya males aja liat resep-resep raw food karena keliatannya ga enak hahaha..Pernah sih ikut cooking class dulu banget, itu juga karena niatnya pengen dapet doorprize doang *hadeuh emak-emak banget sih :D*. Tapi kali ini lain. Begitu Alia ngasih tau ada event ini pas hari Kamis, saya langsung tertarik untuk ngimel dan nanya apakah masih ada slot atau engga, dan ternyata panitianya bilang tinggal 1 seat lagi! Jadilah hari itu juga saya langsung ikutan daftar.

Kurang dari 5 menit,  saya langsung dapet balesan email soal apa aja yang mesti disiapin buat hari Sabtu 25 Juli, plus dapet raw food recipes dari Chef Arif. Yeay!

Screen Shot 2015-07-25 at 5.13.48 PMDi email itu juga dibilangin kalo pas hari H, peserta sudah hadir di lokasi jam 08.40 pagi, diminta membawa 1 buah totebag sebagai goodie bag untuk mengurangi produksi sampah,  membawa botol minuman sendiri untuk mengurangi sampah plastik. dan diminta menjaga kebersihan selama acara. Sip deh!

Sabtu pagi, tepat jam 08.40 saya sudah hadir di  Eco Camp Learning Center Dago, tempat diadakannya event #baliklagikedapur ini.  Saya yang baru pertama kali ke tempat ini, baru tau kalo tempatnya luaaaas banget dan adem karena dikelilingi pepohonan hijau dimana-mana.

IMG_5380Sesampainya di lobby langsung disambut untuk registrasi dan nyerahin tote bag, kemudian menuju tempat yang disediakan. Saya langsung duduk cantik di kursi yang disediakan. Ga lama acaranya pun dimulai, dan dibuka sama penjelasan dari pihak Eco Camp sebagai rumah belajar lingkungan hidup. Disini, kita dikasih wawasan baru mengenai kesadaran ekologi yang meliputi; sederhana, hemat, semangat berbagi, peduli, bermakna, bermartabat, dan green science. Dibahas juga kenapa kita mesti hemat lair, hemat listrik, dan mengurangi sampah. Salah satu bentuk real untuk menjaga bumi kita ini  adalah dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan berbasis tumbuh-tumbuhan.

Nah dari situ baru masuk deh ke sesi Chef Arif Springs, seorang chef yang memulai kariernya dari tahun 1998 di Jakarta dan dengan perjalanan panjang, akhirnya ia menetap di Ubud dan menjadi chef di Taksu Restaurant. Dia juga kemarin menjadi salah satu partisipan di Ubud Food Festival, dengan membuat workshop soal healthy eating. Yang bikin seru adalah, ternyata Chef Arif ini orang Sunda asli dan kocak berat. Jadilah selama nerangin materi soal raw food, dia menggunakan 3 bahasa; Indonesia, Inggris dan didominasi oleh bahasa Sunda yang lekoh dan buhun berat hahaha..Beda banget pasti sama nerangin soal raw food di depan bule-bule waktu Ubud Food Festival kemarin :D. Dyna yang jadi host juga memandu acaranya dengan santai dan seru, jadinya ga ngantuk sama sekali, ga ngebosenin sama sekali, malah jadi kaya lagi nonton stand up comedian…asli! Dengan muka lempengnya, Chef Arif  bikin semua yang hadir jadi ga berenti ngakak selama diskusi berlangsung! 😀Secara konsep sih sebenernya udah lumayan ngerti. Bahwa tubuh kita emang butuh makanan raw food yang meliputi:   beens, seeds, grains, vegetables, nuts, root vegetables, fruits, herbs, seaweed, mushroom, sweetener (madu, maple syrup, kurma*dan bukan gula putih*), dan superfood (bee pollen, propolis, hemp seeds). Ga mesti pake daging-dagingan pun makanan tadi bisa mencukupi kebutuhan tubuh kita kok.Trus juga dijelasin soal sejarahnya, trus pengelompokkan makanan berdasarkan warna dan fungsinya. Misalnya makanan yang berwarna putih berfungsi sebagai immune support (contohnya kaya bawang putih, lobak, bengkuang), trus makanan hijau fungsinya untuk detoks, yang kuning untuk kecantikan, orange untuk mencegah kanker, merah untuk heart health, dan ungu untuk longevity. Penjelasan ini berguna agar kita ngerti bahwa goalnya adalah ‘eat two foods from each colour group daily’.

Selain itu banyak sekali hal baru yang saya dapet hari ini. Diantaranya;

– apple cider vinegar ternyata berfungsi untuk menghilangkan bakteri di sayur dan buah-buahan. Jadi sebelum sayur dan buah diolah, cukup masukkan dulu ke larutan air plus apple cider vinegar tadi, baru deh siap diolah.

– Sebaiknya makanan tidak dipanaskan melebihi 38 derajat celcius, karena bisa menghilangkan enzym dan protein yang terkandung dalam sayurannya.

– Lebih baik gunakan high speed blender untuk hasil yang maksimal, yes 🙂

Diskusi ini ditutup dengan sebuah quotes tentang makanan, “Everytime you eat or drink, you are either feeding disease or fighting it”– Heather Morgan. Sesudah diskusi selesai, kemudian kita dibawa ke sebuah meja yang berisi dengan aneka sayuran, herbs, seeds, beans, sweetener, buah-buahan dan diterangkan satu persatu fungsinya.

IMG_5283 IMG_5284 IMG_5285

IMG_5315

IMG_5317 Sambil dengerin Chef Arif nerangin semua bahan makanan ini, para peserta diberikan sajian sehat berupa jus dan salad buah persembahan dari Se.rasa salad.

IMG_5309

Baru tau kalo ini namanya daun Kelor :)
Baru tau kalo ini namanya daun Kelor 🙂

Setelah break sejenak, acara pun dilanjut dengan demo cooking. Sajian pertama adalah bikin keju yang berbahan dasar cashew nuts! Saya khusyuk banget ngeliatin satu per satu prosesnya.  Langkah-langkahnya adalah masukin cashew nuts yangs udah direndam, kasih olive oil, masukin herbs: thyme, oregano, tarragon, miso dan garam dan diblender sampai halus. Setelah jadi, trus digabung deh sama potongan raddish. Taraaaaa…Ini dia Raddish Ravioli yang enak banget rasanya, persis kaya keju, malah lebih creamy.

IMG_5341Sajian kedua adalah Raw Sushi Plater. Kalo biasanya kita pake beras jepang buat bikin sushi, kali ini nasinya dibuat dari cashew nuts juga! Gabungin sama sesame rice, dan terakhir masukkin korma, kasih garam. Voila! Trus tambahin deh sayur-sayuran buat isian dalemnya.  Resepnya saya share juga deh, pasti pada penasaran kan? 😀IMG_5352Screen Shot 2015-07-25 at 7.14.05 PMMain course selanjutnya adalah bikin Living Lasagna. Jangan bayangin lasagna pake daging dan keju yaa hahaha lasagna ini beda banget. Sebelumnya, Chef Arif bikin saus Raw Marinara yang terdiri dari tomat segar, tomat kering, basil dan korma. Segerrrr banget dan kebayangnya akan pas banget kalo dimakan sama spaghetti. Nyam! Awalnya bingung gimana cara makannya, tapi pas disuruh cobain dan masing-masing kebagian satu lasagna raw food ini, gilaaaaa enak banget Tuhan! Buat saya ini juaranya *kasih piala sama Chef Arif :D*

IMG_5361 IMG_5362

Selesai sama lasagna, trus Chef Arif nerangin gimana cara bikin salsa. Padahal ga ada sih di menu, ini mah spontan aja katanya, dan jadilah tacos versi Chef Arif yang bikin jadi mouth watering..:)

IMG_5365Sebagai menu penutup, dessertnya dibuat lagi-lagi dari cashew nuts. Gampang bikinnya dan ga nyampe 5 menit pun udah jadi. Rasanya pun  enaaak bangetss. Anak-anak pasti seneng deh dibikinin ini 🙂

IMG_5367 Screen Shot 2015-07-25 at 7.22.03 PM

IMG_5369 Beres acara masak-masakan raw food yang ternyata mudah *asal bahan-bahannya udah kebeli semua ya hihihi*, waktunya untuk..wefie bareng host yang lagi sibuk makan lasagna 😀 dan juga sama chef Arifnya dong 🙂

IMG_5376

IMG_5379Icip-icip juga ternyata bikin kenyang. Nah kalo perut kenyang, itu berarti tandanya harus pulang hahaha..dan di lobby sudah disiapkan goodie bag buat para peserta yang isinya banyaaak banget, ampe bingung bawanya gimana 😀 Seneng banget dapet pasokan sayur-sayuran, growbox, kombucha, telur, flex seed, granola, himalayan salt, tomat, dan lobak yang segede apaan ini hihi..Horeee..rasanya kaya pulang dari toko organic, karena semuanya memang makanan sehat. Seneeeeenngggggg amat pokoknya hari ini. Cocok banget kalo judul hari ini adalah “Datang untuk mengapresiasi demi pulang terinspirasi”. Terimakasih banyak Rumah Teman dan Chef Arif! Sampe ketemu lagi di acara #baliklagikedapur selanjutnya yaa..doakan agar saya istiqomah makan raw foodnya :p

Bhay!

IMG_5390

4 thoughts on “Local Goes To Rawfood with Chef Arief Springs #baliklagikedapur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s