Workshop Pergaulan 01

Masih inget banget kagetnya  kaya apa ketika diajakin buat ikutan dalam acara Workshop Pergaulan 01 #UrbanWeaving sama Dita a.k.a Maradita Sutantio tanggal 3-4 Oktober 2015 lalu (iya ini late postnya kebangetan ya?:D ).   Kelemahan terbesar saya selain soal hitungan, adalah dalam urusan kerajinan/ craft macam begini. Jadi belum apa-apa udah keder duluan 😀 Tapi mendengar Dita meyakinkan bahwa workshop ini bakalan seru banget terutama bagi pemula, akhirnya bikin saya tertarik buat ikutan. Jadilah tanggal 3 Oktober lalu saya datang ke STDI tempat workshop ini digelar.

IMG_7182

Sebelum dimulai, Maradita Sutantio yang memiliki latar belakang sebagai fiber and visual artist, menerangkan dengan seksama apa itu weaving, gimana dasar-dasar dan prinsip-prinsipnya. Yang saya inget dari semua penjelasannya, bahwa apapun yang terjadi dalam perjalanan menyelesaikan ‘karya’  hingga rampung, jangan berhenti, lanjutkan saja. Kalo kebanyakan mikir biasanya malah ga jadi-jadi 🙂 Ok kalo begitu. Mari kita mulai!  Di meja, para peserta sudah disediakan alat dan beberapa benang. Kita juga boleh bebas memilih benang mana yang akan kita gunakan. Serunya, benang yang digunakan adalah produk lokal yang dibuat dari hasil limbah! Cool!

Selama workshop, kita udah disedian beragam snack dan juga free flow green tea dan kopi yang diprovide sama legaldrugscoffee.com. Jadi dateng ke workshop itu beneran bawa bodi dan tekad yang bulat aja, karena diluar itu semua udah disediain. Ihiw!

IMG_7183

IMG_7189

Saya pun mencoba mulai mempraktekkan apa yang diterangkan oleh Dita, ternyata ga serumit yang dibayangkan. Eh tapi tergantung deng, mau dibikin rumit bisa, ga dibikin rumit juga bisa. Persis kaya hidup. Mau dibikin ribet bisa, dibikin santai juga bisa.

 

IMG_7194

IMG_7195

Sambil berusaha menuntaskan weaving pertama saya, saya sempet nguping obrolan Dita sang mentor yang lagi ngejelasin filosofi weaving ini sama salah satu peserta. Dia bilang kalo semua yang ada di semesta ini saling terkait, seperti halnya weaving ini. Mengaitkan satu benang ke benang yang lain dimana akhirnya saling tersambung dan menghasilkan pola tertentu. Sama halnya dengan keberadaan kita di dunia ini. Satu sama lain saling terkait, begitu juga dengan pekerjaan yang kita geluti. “Contohnya dia suka nulis. Dia juga mengaitkan kata agar menghasilkan kalimat yang enak untuk dibaca”. Gitu katanya. Sungguh filosofis sekali ya bu dosen yang satu ini.*tepuk tangan buat Dita* 😀

Uniknya workshop selama 2 hari ini, selain ngasih bekal berbagai inspirasi  soal weaving, hasil karya kita juga akan dipamerkan pada tanggal 31 Oktober- 7 November (lagi-lagi latepost. Maaf kak). Aahhh langsung nervous dan jiper ngebayanginnya juga. Liat kiri-kanan kenapa semuanya canggih-canggih hahahahaha…Meskipun pada akhirnya, karya saya ga ikut dipamerkan karena kesibukan yang menggila pada saat itu, *maafkan aku Maradita…kemudian sungkem * tapi saya bangga bisa mengalahkan diri sendiri dengan kejiperan soal weaving ini. Setidaknya keliatan berbentuk,  (–menyenangkan diri sendiri gpp kan ya? 😀 ).

Jadi dengan bangga saya tampilkan hasil weaving pertama saya yang diselesaikan dalam 2 jam..

jreng jreeeng….

IMG_7191

IMG_9172

Gimana? Lumayanlah ya untuk newbie mah *iyahin aja plis biar cepet 😀 *padahal paburisut *tutup muka 😀

IMG_9171

Semoga saya diajak gabung lagi di Workshop Pergaulan 02. *Ngarep *Woooyy, yang kedua aja belum beres, ngarep diajak lagi. Plis deh 😀 *kemudian dilempar benang sama Dita hahahaha… Tapi tapi tapi ..mayan kaaan? *teuteup usaha ingin diakui ada effortnya *ngikik

Terima kasih Bu Dosen. Semoga ga kapok ngajak saya lagi ya *kasih senyum manis sambil minum legal drugs yang red velvet

Cheers! 🙂

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s