B for Bangkok & Balet!

Mendengar nama Bangkok, biasanya yang langsung kepikiran adalah shopping kan? Tapi baru kali ini ke Bangkok dengan misi lain, yaitu: nonton Kilau dan temen-temennya balet!

Awalnya ga kepikiran sama sekali akan sejauh ini. Motivasi masukin anak ke sekolah balet semata-mata adalah karena biar melatih motorik kasar aja sih, kebeneran anaknya dari bayi emang ga bisa diem. Denger lagu dikit aja trus bawaannya pengen nari. Trus malah mikirnya, kalo bosen ya tinggal berhenti aja. Namanya juga anak kecil, ga bisa dipaksa kan. Kilau mulai masuk kelas balet dari umur 4 tahun dan satu-persatu temen-temennya berguguran pada berhenti. Tapi herannya kok Kilau betah-betah aja ya, meski udah ganti-ganti kelas dan teman. Lalu mulai terbiasa ikutan gala perform, tampil di panggung besar buat nari bareng grupnya. Trus juga pernah ada kalanya reguler manggung di mall-mall. Trus juga mulai ikut lomba-lomba, tapi selama narinya barengan, saya ga nervous-nervous amat. Oh pernah juga sih nari solo di Paskal. Lumayan bikin nervous nontonnya, tapi ya ga ada pressure sama sekali. Jadi ok-lah. Trus saya mikir lagi, “Ah ntar juga kalo udah SD, pelajaran banyak, dia akan ngeluh cape dan minta berenti”. Ehhhh..ehh ehhh ga ada dong. Yang ada dia betah-betah aja, malah tambah lama tambah menghayati. Dari kamar ke kamar mandi pake gerakan balet, mau pergi sekolah aja, jalan dari meja makan ke garasi pake gerakan-gerakan balet yang entah apa namanya, daaaaan…sejujurnya saya mulai panik karena ini anak kok jadi serius gini sama balet  ya! 😀

Sampe akhirnya ada pengumuman dari sekolahnya kalo akan ada lomba di Bangkok, namanya ATOD International Dance Competition 2018 dan semuanya diharapkan ikut, karena di sekolah baletnya Kilau, kurikulum pengajarannya mengacu pada dance syllabus ATOD (Australian Teacher of Dancing). Mulailah saya ketar-ketir karena ga ngerti mesti ngapain karena ternyata persiapannya banyak juga. Selain jadwal latihan yang setiap hari, (akhirnya saya mesti membujuk Kilau untuk berhenti les inggris dan piano, karena waktunya abis semua buat balet. Pernah juga sih membujuk Kilau buat memilih antara balet sama gymnastic. Tapi untuk hal ini, dia ga bisa milih, “Karena aku suka dua-duanya” katanya. Zzz baiklah), persiapan kostum juga bikin ketar-ketir. Sebagai Ibu yang awam dan ga pernah balet, saya ga ngerti gimana milih kostum balet, yang ternyata semacam ada panduannya karena harus sesuai dengan lagu dan tariannya. Sempat salah beli kostum 1 kali akibat ketidak tahuan, dan akhirnya saya memutuskan untuk pesan dengan konsultasi dulu sama Miss-nya, biar ga salah lagi. Karena Kilau ikut 4 kategori lomba, artinya, bajunya beda-beda. Untungnya yang grup udah disediain sama Arabesque dan satu kategori lagi boleh pake leotard yang udah ada. Sisa 2 kostum solo nih yang harus disiapin. Dengan waktu yang mepet, saya pesen di bajubalet. Baru tau juga kalo kostum balet itu  mahaaaall yahhhh hahaha…Ibu aja belum pernah punya baju semahal itu, Kil 😀 Yang dimana ternyata yang satu masih harus dihias dengan renda dsb, crownnya belum ada dan segala macam printilan yang mesti dibeli. Untung ada penyelamat yang dengan baik bantuin kostum Kilau. Makasih banyak Bubu Billa, Miss Fatma, dan Miss Mimi yang baik hati. Duh kalo ga ada kalian, kayanya kostumnya polos aja gitu 😀 Dengan kerjaan saya yang lagi padat-padatnya, sesungguhnya ini bikin aral maksimal hahaha..Waktu itu, saya rasanya ingin saltooooo!!!!  Sungguh 😀

Tapi setelah banyak drama yang bikin pusing kepala sebelum hari keberangkatan,  hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga! Semuanya udah kumpul dan siap berangkat bareng. Liat anak-anak yang super excited ini, jadi ga sabar pengen cepet-cepet nyampe Bangkok.

DSCF7837

Di pesawat, saya sama Kilau duduknya misah. Dia bareng rombongan teman-temannya. Dasar emak-emak ya, yang dipikirin adalah, “Aduh dia bisa komunikasi ga ya sama pramugara, dia bisa ga ya mesen minum, dia bisa ga ya pipis di toiletnya“, dan ternyata semuanya aman-aman aja. All is well! Fiuh 😀

DSCF7872

Kita transit dulu di Singapore untuk waktu yang lumayan lama. Untungnya di Changi mah ya segala ada, termasuk fasilitas buat anak-anak. Semuanya happy!

DSCF7899

Beres makan dan main, perjalanan pun dilanjutkan. Tiba-tiba kangen sama Garuda karena makanannya lebih enak daripada SQ hehe.. dan akhirnya sampailah kita di Suvarnabhumi malam hari!

DSCF7937DSCF7939

Nyampe airport, saya misah lagi sama Kilau karena dia bareng rombongan. Saya, Isti dan Pecunk nginep di belakang hotel tempat anak-anak nginep. Hotelnya mayanlah walopun rada spooky. Tapi ga rugi juga karena sepanjang hari kita habiskan di tempat lomba.

Pagi-paginya, semua anak udah kumpul di lobby dan udah didandanin. Yaa..emak deg-degan hahaha…Oya, lombanya ini akan berlangsung 3 hari dan ini hari pertama…jreng-jreeng..

DSCF7953

DSCF7970

Karena ga beli tiket nonton hari ini (iya kalo mau nonton anak-anak, kita mesti beli tiket yang harganya lumayan haha..), jadinya saya memutuskan untuk jalan-jalan aja deket venue.

Begitu jalan pulang, pas banget Kilau dan teman-temannya baru beres lomba dan dapet gold medal untuk kategori syllabus. Woohooo…Congrats, Kil!

DSCF8002

Tapi ga lama dari itu, Kilau mesti masuk lagi untuk persiapan lomba solo berikutnya. Goodluck, jimat Ibu! Begitu saya masuk ke dalam Aksra Theatre, tempat berlangsungnya lomba, ada peraturan-peraturan yang mesti dipatuhi; ga boleh ngeluarin handphone dan ga boleh motret. Yang ngelanggar langsung ditegur sama panitia. Jadi kalo mau mengabadikan moment ini mesti beli buat foto dan videonya, dan harganya lumayan mahal juga (asa ga ada yang murah gini *mewek*). Hmm..baiklah. Otomatis, saya jadi khusyu mengamati semua ballerina-ballerina yang perform. Dan nunggu giliran Kilau manggung itu rasanya kaya mules pas mau melahirkan! hahaha.. Begitu nyampe giliran Kilau nari, baru denger juri nyebutin no urutnya Kilau aja, saya udah berkaca-kaca..hahaha..daaaan…tambah deraslah air mata ini begitu liat dia nari di panggung gede banget, sambil diikutin sama lampu sorot gitu. Ya ampun..ko rasanya bangga dan takjub ya, si bayi ini udah jadi ballerina dan pede ada di panggung segede gaban gitu. Cuma 1 menitan lebih dikit sih narinya, tapi rasanya saya ga nafas sampe dia ngilang dibalik panggung. Rasanya pengen tepuk tangan paling keras sambil teriak-teriak, tapi kan ga boleh ya, ntar diusir hahaha…

BAS_3474

D85_5956BAS_3509

Semuanya superrr keren tariannya  dan saya juga ga abis pikir, “Wagelaseh ini anak-anaknya pada makan apa ya pada canggih banget baletnya“.

Pas diumumin di akhir sesi, Kilau dapet honor medal! Yeaay! Honor medal ini semacam juara ke-4 lah. Ga nyangka juga sih, saya beneran ga punya ekspektasi apa-apa selain biar Kilau punya pengalaman aja. Congrats Kil!! Duhhh Ibu mewek lagi deh ini pas nulis hahaha…Hidup Arabesque! 😀

DSCF8028
Foto bareng sama Miss Elsa dan Miss Mukti sama semua pemenang
DSCF8058
Rebutan foto sama Miss Mimi yang udah berbaik hati jagain dan nyiapin semua keperluan anak-anak 🙂

DSCF8032DSCF8037

Senangnya melewati hari ini. Mari kita tidur nyenyak! Masih ada lomba besok 🙂

Satu hari itu satu anak bisa ngikutin 2-3 lomba, tergantung kategori apa aja yang dia ikutin. Kaya hari ini, Kilau ikut demi character sama group.  Ibu kembali tegang nontonnya. Ga setegang kemarin sih memang. Nah pas lomba yang ini, ceritanya Kilau jadi clown yang melakukan berbagai gerakan akrobatik dan di akhirnya Kilau sulap dari tongkat jadi bunga. Selama latihan selalu aman-aman aja, tapi pas diatas panggung, eh tongkatnya kebalik, jadi aja bunganya jatoh ga pada tempatnya…tapi untungnya dia ga skip dong, sambil senyum dia terusin aja narinya sampe beres..huaaaaa hebat ih Kil! Tadinya kirain bakal skip dan blank. Ternyata engga! Like a pro gitu yaa hahaha..

BAS_9251BAS_9266

Deg-degannya belum beres tapi. Masih ada satu tarian grup lagi sodara-sodara… Kali ini grupnya bakal nariin tarian Manuk Dadali. Saya dan Ibu-ibu yang lain udah nyiapin tepukan tangan yang paling keras  pokoknya. Sepanjang nonton, rasanya merinding banget liat anak-anak nari. Semuanya ngasih yang terbaik sambil ga lupa senyummm 🙂 *Lagi nyari videonya disave dimana, ntar saya upload deh ya.

D81_8970

BEE_8412

Ga sia-sia mereka latihan dengan penuh semangat, karena pas akhir sesi diumuminlah kalo mereka berhasil dapetin juara 2! Woooowwww…kita kayaknya teriak paling keras dibanding supporter lain. Yang juara 1 nya tuan rumah, jadi ya udahlah gapapa, diberi ku kamiiii 😀 Anak-anak seneng banget dan giliran megang pialanya seorang-seorang. Ah capeknya nganter-nganter latihan ternyata kebayar! Congrats, girls!!! Proud of you!!!!!

2018-02-10-PHOTO-00002835

DSCF8091

Ok, tidur nyenyak lagi kita malam ini. Besok tinggal jalan-jalan dan kasih semangat buat kaka-kaka yang mau tanding ya!

Baru kali ini juga ke Bangkok ga sebrutal biasanya.  Sempet mampir ke Platinum aja setitik buat cari makan enak hahaha… Selain waktunya dihabiskan di teater tempat lomba, tiba-tiba udah malem aja dan pulang deh.

Tapi besok saya udah punya itinerary berdua sama Kilau buat jalan-jalan! Yeay!  Semoga dia mau. Karena selama disana, Ibu ga laku.  Hiks. Pengennya sama temen-temennya aja. Gaya! 😀

2 thoughts on “B for Bangkok & Balet!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s