Annyeong haseo

Beberapa bulan belakangan ini lagi semangat belajar bahasa Korea. Gara-garanya ya apalagi kalo bukan tenggelam dalam kegemesan film drama Korea. Seneng aja denger orang Korea di drakor ngomong dengan nada yang mirip Sunda, lemes-lemes gimana gitu. Awalnya liat postingan Sazki yang juga lagi ikut les, trus gabunglah di kelas Korea bareng Ayu yang jadi gurunya. Dari awal tuh ternyata emang udah ribet yah hahaha.. ngafalin huruf hangeul aja sampe berapa minggu. Kapasitas otak kayanya mulai mengecil, jadi susah banget ngafalinnya hahaha… Yang saya inget paling lancar sih baca ‘Anyeonghaseo’ sama ‘Bangtan sonyeongdan’ doang, selebihnya masih liat contekan…*ngakak sendiri

Kaya gini kira-kira penampakan meja kalo lagi les. Meriah bukan? ๐Ÿ™‚

Walaupun harus diakuin kalo belajar bahasa tuh emang ga semudah yang dibayangin. Dulu juga sempet belajar bahasa Perancis, tapi trus keblinger sendiri hahaha…Jangan jauh-jauh sih, orang mau ngetik bahasa Indonesia juga sampe sekarang masih suka bingung nulis yang bener itu gimana. Masih sering buka KBBI, memantau twitter para ahli bahasa. Apalagi bahasa negara lain, yakan?

Trus jadi mikir, kadang kalo kita mikir bahwa sesuatu itu sulit di awal, entah gimana tapi ternyata bisa kita lewatin. Tapiiiiii …kalo dari awal kita udah ngerasa bisa, yang terjadi malah sebaliknya. Suka ngalamin gitu juga ga sih? Intinya kita diajarin buat ga boleh ngegampangin sesuatu atau ngerasa sok tau. Yang bahaya itu seringkali kita ga sadar, antara pede apa kepedean. Pede boleh, tapi dengan kadar yang cukup. Kalo dosisnya kelebihan, trus jadinya kepedean, udah pasti ga akan running well. Karena seperti yang kita tau, hidup emang sebecanda itu, yes?

Balik lagi ke si belajar bahasa, dan belajar apapun sih sebenernya. Semakin didalemin, akan semakin kompleks. Yang Korea juga makin lama makin kompleks, ada kaya tajwidnya gitu. Sama aja kaya relationship kita sesama manusia. Makin intens ngobrolnya, makin ketauan ternyata banyak PR yang mesti diberesin. Tapi sisi baiknya ya kita jadi belajar untuk tidak terlalu reaktif dalam ngadepin sesuatu.

Jadi kalo ada yang nanya, apa hasil belajarnya selama ini?

Makin seneng nonton drakor, dan akhirnya bisa tau lirik lagu BTS tuh dibacanya apa ๐Ÿ˜›

Goalsnya emang cukup itu aja. Kurang-kurangin ambisiuslah, banyakin seneng-seneng aja.

Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s