Perpanjang Paspor Jaman Now: Mudah dan cepat!

Apa sih yang kebayang kalo denger kata paspor dan kantor imigrasi? Kalo dulu  sih ngebayanginnya aja males 😀 Males karena mesti ngantri dari subuh bersama puluhan bahkan ratusan orang lainnya, ngabisin waktu seharian cuma buat ngantri pemeriksaan data, kemudian harus meyediakan waktu lagi buat wawancara dan foto. Makanya, calo adalah orang yang paling sering dicari. Dulu tapi ya 😉

Berkat kemajuan teknologi, mulai 17 Agustus 2017, sekarang kita bisa daftar online dengan regulasi terbaru. Sejujurnya, agak pesimis sih awalnya membayangkan online-online-an gini. Emang bener ya kita udah secanggih itu???? Eh tapi ternyata setelah browsing, beneran lho itu bukan halusinasi semata hahaha…Bahkan nih, buat para pengguna android lebih gampang lagi. Cukup download aplikasi  ‘Paspor online’ di smartphonenya, kemudian bisa langsung klak klik klak klik.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka website imigrasi.go.id
  • Registrasi dulu pake email.Screen Shot 2017-11-11 at 8.18.32 AM
  • Setelah dikonfirmasi melalui email yang menyatakan bahwa akun kamu sudah terdaftar,
  • terus balik lagi deh ke antrian.imigrasi.go.id buat liat lokasi kantor imigrasinyaScreen Shot 2017-11-11 at 8.20.52 AM
  • Setelah pilih lokasinya dengan benar, lalu pilih jadwal yang masih available (buat yang di Kantor Imigrasi Bandung, barusan saya cek sih masih ada beberapa tanggal di bulan Desember 2017)Screen Shot 2017-11-11 at 8.29.55 AM
  •  Pilih tanggal yang masih kosong dan juga jamnya (pilihannya pagi atau siang).
  • Dalam satu akun, kamu bisa sekalian daftarin keluarga yang lain juga, maksimal 5 nama. Nanti pastikan diisi satu demi satu datanya menggunakan NIK yang ada di Kartu keluarga.Screen Shot 2017-11-11 at 8.31.16 AM
  • Sebagai catatan, kalo mau bikin passport anak, namanya ya mesti nama anak, bukan nama Ibunya! *saya waktu itu salah masukin, akhirnya saya deh yang perpanjang passport duluan. Kilau saya daftarin lagi di tanggal yang berbeda.
  • Setelah pilih jadwal dan masukkan data nama pemohon, tampilannya akan seperti ini:

Screen Shot 2017-11-11 at 8.27.06 AM

Saya sendiri dapat jadwal kurang lebih sebulan buat antrian online.  Trus jangan lupa siapin persyaratan buat perpanjang passportnya: KTP, Kartu Keluarga, Paspor lama. Bawa aja yang asli dan udah siapin fotokopiannya biar ga usah bolak-balik. Jangan lupa juga bawa materai 6000.

Pas hari H,tepat jam 9 saya sudah berada di kantor imigrasi. Jadwal saya sebenarnya jam 10, tapi karena saya ga mau telat, sengaja datang satu jam sebelumnya.  Ketika sampai, agak kebingungan sih karena tidak ada petugas yang stand by. Sampai akhirnya saya bertanya pada petugas di bagian pengambilan paspor, dan oleh petugas tersebut saya diberikan formulir untuk diisi terlebih dahulu.

Selesai mengisi formulir, kemudian saya dipersilakan untuk maju untuk diperiksa berkasnya. Sebelumnya saya diminta memperlihatkan bukti pendaftaran online dan   barcode di handphone.

Setelah dinyatakan lengkap, lalu saya diberi map beserta nomor antrian untuk wawancara dan foto. Kemudian kira-kira setengah jam, saya sudah dipanggil. Kurang lebih 5 menit, prosesnya pun selesai. Saya lalu diberi kertas berisi keterangan untuk membayar sebesar Rp 355.000 ke teller bank-bak yang sudah ditunjuk oleh kantor imigrasi. Saya cuma menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam saja untuk melakukan semuanya.

Ngomongin soal pembayaran, ada banyak pilihan banknya kok, tapi kita memang harus ke banknya langsung dan bayar melalui teller. Tidak bisa transfer melalui ATM.   Setelah proses pembayaran dilakukan, maka passport akan jadi 3 hari setelah melakukan pembayaran. Trus tinggal ambil paspor barunya di loket pengambilan paspor deh.

Jadi bayangan ngantri dari subuh udah ga jaman lagi gaes 😀  Tapiiii ya harus berburu jadwal dari sekarang.   Kalo kantor imigrasi jalan Surapati udah penuh, kamu cobain aja berburu jadwal di kantor imigrasi di Soekarno Hatta *saya juga baru tau  kalo di Bandung ada kantor imigrasi di Soekarno Hatta 😀

Berarti bedanya, kalo dulu desek-desekkannya ngambil nomor antrian di kantor imigrasi. sekarang desek-desekkannya ngambil jadwal di dunia maya hehe.. Selamat perpanjang paspor dan berburu tanggal buat antrian paspor online ya!

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s