Siapa emergency contact kamu?

Kadang  ada banyak hal-hal kecil yang luput dari perhatian kita.  Kepikiran nulis ini juga gara-gara ngalamin beberapa kejadian yang dialami sama temen dan saudara saat mereka kecelakaan di jalan. Trus jadi kepikiran, siapa ya yang harus dikontak kalo kita *amit-amit* ngalamin sesuatu.

Waktu saudara ngalamin kecelakaan, handphonenya ga dipassword, jadinya polisi yang nanganinnya bisa langsung buka handphone dan menelfon orang terakhir di recents call. Untungnya orang terakhir yang dihubunginnya itu emang pihak keluarga, jadi bisa langsung dapet info dan ngambil tindakan.

Lain lagi sama kasusnya teman baik saya yang ngalamin kecelakaan tunggal.  Dia pake password di handphonenya. Akibatnya, polisi/ yang menolong saat itu ga bisa membuka handphone dan mengabari siapapun, sampai akhirnya ada pihak keluarga yang nelfon, mencari dia sedang dimana.

Mending kalo dicariin, kalo keluarganya cuek dan ga peduli? Repot juga kan ya 😥

Sebenernya ada plus minusnya sih kalo demi keamanan dan menghindari penyalahgunaan data, handphone wajib dipassword.  Ga salah juga kok, namanya juga tindakan preventif.

Trus gimana dong kalo ada kejadian yang tidak diinginkan (*ketok-ketok meja 3x* semoga kita selalu diberikan keselamatan ya. Amiin YRA ), gimana cara pihak lain yang mau menolong biar bisa menghubungi dan menginformasikan pihak keluarga yang biasanya jadi kontak emergency kita?

Saya ga tau sih teman-teman udah pada tau atau belum, tapi saya sendiri baru ngulik kalo ternyata fitur handphone tuh lengkap ya hahaha.. 🙂 Thanks to Adit si segala tau 🙌🏻

Nah buat yang belum pernah ngerasa ngisi emergency contact di handphonenya (Ini buat Iphone tapi ya, saya belum sempet ngulik android soalnya:) ), coba langsung cek apps Medical ID. Step-stepnya adalah:

Setting –> Search Emergency SOS –> klik  Emergency Contact In Health–> nanti masuk ke Medical ID– klik Edit kemudian isi data diri dengan lengkap (alergi apa, golongan darah apa, dll)- kalo udah klik Done.

Step 1

IMG_2246

Step 2

Sedikit catatan. Kalo auto call diaktifkan, maka otomatis nelfon ke no 112. Tapi kalo engga, jadi bisa menghubungi kontak emergency yang diinginkan.

IMG_2247

Step 3

Ini tampilan Medical IDnya setelah diedit. Data yang mau dimasukkan optional sih. Kalo saya sih golongan darah sama keterangan soal alergi obat-obatan.

IMG_2245

Beres deh.

Nah, masalah selanjutnya adalah, “Trus gimana caranya biar handphone kita bisa dibuka sama orang lain saat situasi darurat dan langsung menghubungi kontak emergency?” atau kebalikannya. Gimana biar kita bisa nolongin orang juga menghubungi kontak emergencynya.

Caranya adalah: Tekan sleep/ wake button sebanyak 5x secara berturut-turut . Lalu di layar akan muncul pilihan seperti ini.

IMG_2242

Kemudian Medical IDnya dislide dan tinggal kontak deh nama yang tertulis disitu. Jadi walaupun dipassword, tapi bisa tersambung langsung ke kontak emergency tadi.

Gitu sih.

*buat yang bingung, nanti intip story dan highlight di instagram saya aja.

Sehat-sehat semua ya teman-teman, selamat-selamat semua, hati-hati di jalan saat berkendara dan dimanapun kalian berada.

Semoga membantu!

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s