U&KL KITCHEN

Sebagai pioneer clothing di Bandung, UNKL347 memang tak pernah berhenti berinovasi. Setelah sukses melaunching berbagai product home furnishing dengan label U&KL (Us & Kind of Life), kali ini mereka kembali membuat gebrakan baru lagi yaitu menciptakan sebuah tempat dengan konsep yang sangat menarik, dimana Anda bisa mengeksplore pengalaman kuliner yang berbeda dengan tempat lainnya, sekaligus menikmati sajian makanan berkualitas.    Tempat itu bernama U&KL Kitchen dan berada satu lokasi dengan UNKL347 Flagship Store di Jl. Trunojoyo no 4 Bandung.

Jika Anda berkunjung kesana,   Anda akan melihat sebuah ruangan dengan space yang tidak terlalu besar namun didesain sangat catchy ; deretan meja dan kursi makan,  lengkap dengan kitchen set yang dibuat sendiri oleh U&KL.   Suasananya dibuat persis seperti berada di dapur sebuah rumah yang homy, sesuai namanya “Us & Kind of Life Kitchen”.

Arifin Windarman, salah seorang pendiri UNKL347 yang mempunyai background sebagai seorang desainer produk, jadi man behind U&KL Kitchen ini.  Beruntung saya bisa mewawancarai sang chef disela-sela kesibukannya. Ipin, (panggilan akrab Arifin) yang memang selalu menyenangkan diajak ngobrol, jadi salah satu alasan mengapa saya memutuskan untuk mengutip langsung jawabannya.

A : Jadi gimana ceritanya kenapa akhirnya bisa ada U&KL Kitchen ini?

I : Awalnya sih tertarik dengan bidang culinary service, terus sempet bikin Pop-Up kitchen juga bareng temen (Open Table). Kemudian ada challenge dari partner-partner saya di UNKL347 untuk bikin satu konsep culinary service yang ada hubungannya dengan Us and Kind of Life yang brand-nya sedang kita kembangkan. Konsep yang saya kasih ini direspon dengan baik secara internal, dan akhirnya kita sepakat utk bikin si U&KL Kitchen ini. Jadi kalo dipanjangin nama sebenernya jadi Us & Kind of Life Kitchen 🙂

A : Konsep U&KL Kitchen ini sebenernya seperti apa sih?

I : Konsep besarnya sih – Differensiasi;  different dan variasi hahahaha… Tapi emang pengennya sih  restoran ini selalu mengusung perbedaan dan variasi, dilihat dari semua sisi ya. Saya  membayangkan kalo tempat ini selalu bergerak, dinamis, tidak membosankan. Entah itu konsep interiornya, jenis makanan, variasi menu, atau mungkin sistem pelayanannya. Membayangkan warna interior dan elemen2nya yang berganti2 sesuai dengan mood kita berempat, atau menggratiskan makanan hanya karena mood kita sedang pengen ngasih gratis ke konsumen, chef dan cook yang selalu turun ke floor untuk menanyakan kepada konsumen, mereka puas atau tidak. Itu mungkin beberapa andai-andai-nya. Ahhh semoga berjalan dengan lancar ya.., doakan.

Oh ya tambahan.., saya selalu pengen punya restoran yang orang-orangnya bisa bercengkerama satu sama lain, walaupun mereka tidak saling kenal. Saya bermimpi punya meja komunal dengan kursi lebih dari sepuluh, yang bisa menyatukan orang-orang berbeda isi kepala dengan satu rasa lezat di lidah mereka.

A : Menu apa saja yg ditawarkan disini?

I : Menu ada banyak, tapi untuk awal kita akan bergerak dengan dua menu utama dengan berbagai variasi yaitu risotto dan burger, namun diluar itu setiap hari, kita akan punya chef’s special menu yang berbeda-beda. Menu utama akan bergerak dan berubah terus menerus, sampai kita dapat menu yang betul-betul jadi favorit semua orang. Appetizer dan dessert pun akan kita ubah-ubah terus menerus, rotasi dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan konsumen kalau kita pakai menu yang sama. Paling ngga selalu akan ada perubahan setiap dua bulan pada menu utama, sampai kita dapat menu favorit yang saya saya sebutkan di atas tadi.

A : Sebenarnya, apa spesialisasi U&KL Kitchen ini?

I : Spesialisai…… hmmmm ngga ada sih sebener-nya, tapi kalo me-refer pernyataan diatas, spesialisai pada menu akan kita dapatkan ketika menu favorit sudah didapat 🙂

A : Untuk jam operasionalnya sendiri ?

I : Jam operasional, yang masih kita rencanakan adalah : Jam 11.00 s/d 14.00 kita akan serve lunch, 14.00 s/d 16.00 Siesta  (konsumen masih bisa memesan menu lightmeals dan minuman) jam 16.00 s/d 20.00 (last order) kita buka lagi.

A : Gimana caranya kalo pengen makan disini? Apakah ada ketentuan harus booking berapa hari sebelum hari H ?

I : Booking bisa, walk-in bisa. Booking kita sarankan untuk konsumen yang ingin makan bersama lebih dari 4 orang, maklum.. ruangan kita terbatas. Maksimum kursi yang kita gunakan tidak lebih dari 30 pax.

A : Rencana ke depannya seperti apa? 

I : Rencana ke depan sih.. membesar aja ya. Kalo ngga tempatnya, paling ngga namanya yang membesar.. hahaha. Lokasi dan nama besar tidak ada gunanya jika tidak dibarengi dengan pelayanan yang bagus. Jadi kita konsen aja dulu deh di servis. Ketika itu sudah dicapai, gampang banget untuk membuat restoran ini membesar secara kapital, nama besar pun didapat dengan usaha yang ngga usah terlalu ngoyo kalo udah gini ya.. hehe.

Gimana? Terjawab sudah ya semua pertanyaan seputar U&KL Kitchen yang dari kemaren-kemaren bikin penasaran ini? 😀  Oya,   silakan kunjungi juga web mereka di : unklkitchen.weebly.com dan follow twitternya: @347kitchen untuk info lebih lengkapnya.

Selamat menikmati sajian berkualitas di U&KL Kitchen!

Siap-siap aja ya ketagihan makan disini 😀

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s